Tuesday 21 February 2017

rpp revisi, kurikulu 2013 revisi ( kurikulum nasional)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : MTs. Sinarmiskin
Mata Pelajaran           : Matematika
Kelas/semester             : VII/Satu
Materi Pokok               : Bilangan
Alokasi Waktu              : 5 × 40 menit (2  pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI

3.1 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
      tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
       kejadian tampak mata.
4.1 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
      merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
      menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
      sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DASAR
3.14 Manganalisis berbagai bangun datar segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, 
         jajargenjang, trapesium, dan layanglayang)\ dan segitiga berdasarkan sisi, sudut, dan  
         hubungan antar sisi dan antar sudut
3.15 Menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat (persegi,  
         persegipanjang, belahketupat,jajargenjang, trapesium, danlayang-layang) dan segitiga
4.14 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar segiempat (persegi,  
        persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.15 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling
        segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan
        layang-layang) dan segitiga

C. INDIKATOR DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.14.1 Menjelaskan  pengertian bangun datar belah ketupat dan layang-layang
3.14.2 Membedakan bangun datar belah ketupat dan layang-layang menurut sifat-sifatnya
3.15.1 Menuliskan rumus bangun datar belah ketupat dan layang-layang
3.15.2 Menghitung nilai dan keliling bangun datar belah ketupat dan layang-layang
4.14.1 Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan bangun datar belah ketupat dan
           layang-layang
4.14.2 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bangun datar belah ketupat dan
           layang-layang
4.15.1 Menemukan berbagai masalah kontekstual yang berkaitan dengan bangun datar belah 
           ketupat dan layang-layang

D. MATERI AJAR
1. Belah Ketupat
2. Sifat-Sifat Belah Ketupat
3. Layang-Layang
4. Sifat-Sifat Layang-Layang

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 1

Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi waktu
Kegiatan pendahuluan
1.    Memberi salam
2.    Pendidik mengecek kehadiran peserta didik
3.    Pendidik memberi motivasi, pendidik menyampaikan topik yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
4.    Dengan tanya jawab,  peserta didik diingatkan kembali tentang pengertian bilangan bulat


5 menit
Kegiatan inti


















































































Tahap apersepsi budaya
1.      Menginformasikan indikator pencapaian  kompetensi dasar
2.      Menciptakan persepsi positif dalam diri peserta didik terhadap budayanya dan matematika sebagai hasil konstruksi sosial.
3.      Menjelaskan pola interaksi sosial, menjelaskan peranan peserta didik dalam menyelesaikan masalah.
4.      Memberikan motivasi belajar pada peserta didik melalui penanaman nilai matematis, soft skill dan kebergunaan matematika.
5.      Memberi kesempatan pada peserta didik untuk mengenal matematika kedalam kehidupan sehari-hari

Tahap penyelesaian masalah pola interaksi edukatif
1.      Memberi penjelasan kepada peserta didik mengenai belah ketupat
2.      Membentuk kelompok (3 – 5) orang
3.      Mengajukan masalah yang bersumber dari fakta dan lingkungan budaya peserta didik
4.      Meminta peserta didik memahami masalah secara individual dan kelompok
5.      Mendorong peserta didik bekerjasama menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan
6.      Membantu peserta didik merumuskan hipotesis (dugaan).
7.      Membimbing, mendorong/mengarahkan peserta didik  menyelesaikan masalah yang dihadapi
8.      Memberikan scaffolding pada kelompok atau  individu yang mengalami kesulitan
9.      Mengkondisikan antar anggota kelompok berdiskusi, berdebat dengan pola kooperatif
10.  Mendorong peserta didik mengekspresikan ide-ide secara terbuka
11.  Membantu dan memberi kemudahan pengerjaan peserta didik dalam menyelesaikan masalah dalam pemberian solusi

Tahap persentasi dan mengembangkan hasil kerja
 1. Memberi kesempatan tiap kelompok mempresentasikan hasil penyelesaian masalah di depan kelas
  2. Membimbing peserta didik menyajikan hasil kerja
  3. Memberi kesempatan kelompok lain mengkritisi/menanggapi hasil kerja kelompok penyaji dan memberi masukan sebagai alternatif pemikiran.
  4. Mengontrol jalannya diskusi agar pembelajaran berjalan dengan efektif
 6. Menguji pemahaman peserta didik tentang jenis dan sifat belah ketupat

Tahap temuan objek matematika dan penguatan skemata baru
1.      Mengarahkan peserta didik membangun konsep dan prinsip secara ilmiah
2.      Menguji pemahaman peserta didik atas konsep
3.      yang ditemukan melalui pengajuan contoh dan bukan contoh konsep
4.      Membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang berkaitan dengan masalah
5.      Memberi kesempatan melakukan konektivitas konsep dan prinsip dalam mengerjakan soal tantangan
6.      Memberikan scaffolding

Tahap menganalisis dan mengevaluasi proses dan hasil penyelesaian masalah
1.      Membantu peserta didik mengkaji ulang hasil  penyelesaian masalah
2.      Memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam  penyelesaian masalah yang selektif
3.      Mengevaluasi materi akademik: memberi kuis atau membuat peta konsep atau peta materi.

 





10 menit












25 menit
































25 menit












5 menit










5 menit
Kegiatan penutup
1.      Pendidik bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
2.      Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil  pembelajaran,
4.      Memberikan tugas, baik tugas individual maupun
5.       kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik



5 menit


Pertemuan 2

Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi waktu
Kegiatan pendahuluan
1.      Memberi salam
2.      Pendidik mengecek kehadiran peserta didik
3.      Pendidik memberi motivasi, pendidik menyampaikan topik yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
4.      Dengan tanya jawab,  peserta didik diingatkan kembali tentang pengertian bilangan bulat
5 menit
Kegiatan inti


















































































Tahap apersepsi budaya
1.      Menginformasikan indikator pencapaian  kompetensi dasar
2.      Menciptakan persepsi positif dalam diri peserta didik terhadap budayanya dan matematika sebagai hasil konstruksi sosial.
3.      Menjelaskan pola interaksi sosial, menjelaskan peranan peserta didik dalam menyelesaikan masalah.
4.      Memberikan motivasi belajar pada peserta didik melalui penanaman nilai matematis, soft skill dan kebergunaan matematika.
5.      Memberi kesempatan pada peserta didik untuk mengenal matematika kedalam kehidupan sehari-hari

Tahap penyelesaian masalah pola interaksi edukatif
1.      Memberi penjelasan kepada peserta didik mengenai belah ketupat
2.      Membentuk kelompok (3 -5) orang
3.      Mengajukan masalah yang bersumber dari fakta  dan lingkungan budaya peserta didik
4.      Meminta peserta didik memahami masalah secara  individual dan kelompok
5.      Mendorong peserta didik bekerjasama menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan
6.      Membantu peserta didik merumuskan hipotesis (dugaan).
7.      Membimbing, mendorong/mengarahkan peserta  didik  menyelesaikan masalah dan mengerjakan  LKPD
8.      Memberikan scaffolding pada kelompok atau  individu yang mengalami kesulitan
9.      Mengkondisikan antar anggota kelompok berdiskusi, berdebat dengan pola kooperatif
10.  Mendorong peserta didik mengekspresikan ide-ide secara terbuka
11.  Membantu dan memberi kemudahan pengerjaan peserta didik dalam menyelesaikan masalah dalam pemberian solusi

Tahap persentasi dan mengembangkan hasil kerja
1.      Memberi kesempatan tiap kelompok mempresentasikan hasil penyelesaian masalah di depan kelas
2.      Membimbing peserta didik menyajikan hasil kerja
3.      Memberi kesempatan kelompok lain mengkritisi/menanggapi hasil kerja kelompok penyaji dan memberi masukan sebagai alternatif pemikiran.
4.      Mengontrol jalannya diskusi agar pembelajaran berjalan dengan efektif
5.      Menguji pemahaman peserta didik tentang jenis dan sifat layang-layang

Tahap temuan objek matematika dan penguatan skemata baru
1.      Mengarahkan peserta didik membangun konsep dan prinsip secara ilmiah
2.      Menguji pemahaman peserta didik atas konsep yang ditemukan melalui pengajuan contoh dan bukan contoh konsep
3.      Membantu peserta didik mendefinisikan dan  mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang berkaitan dengan masalah
4.      Memberi kesempatan melakukan konektivitas  konsep dan prinsip dalam mengerjakan soal  tantangan
5.      Membandingkan bangun datar belah ketupat dan layang-layang

Tahap menganalisis dan mengevaluasi proses dan hasil penyelesaian masalah
1.      Membantu peserta didik mengkaji ulang hasil  penyelesaian masalah
2.      Memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam   penyelesaian masalah yang selektif
3.      Mengevaluasi materi akademik: memberi kuis atau membuat peta konsep atau peta materi.

 
15 menit

















35 menit





























35 menit
















15 menit











10 menit
Kegiatan penutup
1.      Pendidik bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
2.      Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil  pembelajaran,
4.      Memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5 menit


F. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN

1.      Teknik Penilaian

·         Sikap               : Lembar  Observasi
·         Pengetahuan    : Tes Tertulis
·         Keterampilan   : Project
G. PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
·         Pembelajaran remedial dilakukan jika peserta didik tidak memenuhui KKM yang telah ditentuka dengan memberi tes lisan.
·         Pengayaan diberika bagi siswa yang sudah memenuhi atau bahkan melampaui KKM yang telah ditentukan dengan memberi extended materials










H. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
·         Media/ Alat                 : Bentuk belah ketupat
                                            Bentuk layang-layang
                                            Slide
·         Bahan                          : Kertas, Gunting, Slide
·         Sumber belajar           : Buku



                                                                                                Bandung, 21 februari  2017



Mengetaui,
Kepala MTs Sinarmiskin                             Guru Mapel Matematika



                          (                                               )                                                   (                                               )
                          NIP                                                                       NIP

No comments:

Post a Comment