RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : MTs. Sinarmiskin
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : VII/Satu
Materi
Pokok : Bilangan
Alokasi
Waktu : 5 × 40 menit (2 pertemuan )
A.
KOMPETENSI INTI
3.1 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.1 Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DASAR
3.14 Manganalisis
berbagai bangun datar segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan
layanglayang)\ dan segitiga berdasarkan sisi, sudut, dan
hubungan antar sisi dan antar sudut
3.15 Menurunkan rumus untuk menentukan keliling dan luas segiempat
(persegi,
persegipanjang,
belahketupat,jajargenjang, trapesium, danlayang-layang) dan segitiga
4.14 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar
segiempat (persegi,
persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.15 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas
dan keliling
segiempat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan
layang-layang) dan
segitiga
C. INDIKATOR DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.14.1 Menjelaskan
pengertian bangun datar belah ketupat dan layang-layang
3.14.2 Membedakan bangun datar belah ketupat dan layang-layang
menurut sifat-sifatnya
3.15.1 Menuliskan rumus bangun datar belah ketupat dan
layang-layang
3.15.2 Menghitung nilai dan keliling bangun datar belah ketupat dan
layang-layang
4.14.1 Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan bangun datar
belah ketupat dan
layang-layang
4.14.2 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bangun datar belah
ketupat dan
layang-layang
4.15.1 Menemukan berbagai masalah kontekstual yang berkaitan dengan
bangun datar belah
ketupat dan
layang-layang
D. MATERI AJAR
1. Belah Ketupat
2. Sifat-Sifat Belah Ketupat
3. Layang-Layang
4. Sifat-Sifat Layang-Layang
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan pendahuluan
|
1.
Memberi salam
2.
Pendidik mengecek kehadiran peserta
didik
3.
Pendidik memberi motivasi, pendidik
menyampaikan topik yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai
4.
Dengan tanya jawab, peserta didik diingatkan kembali tentang
pengertian bilangan bulat
|
5
menit
|
Kegiatan inti
|
Tahap apersepsi budaya
1.
Menginformasikan
indikator pencapaian kompetensi dasar
2.
Menciptakan persepsi
positif dalam diri peserta didik terhadap budayanya dan matematika sebagai hasil konstruksi
sosial.
3.
Menjelaskan pola
interaksi sosial, menjelaskan peranan peserta didik dalam menyelesaikan masalah.
4.
Memberikan motivasi
belajar pada peserta didik melalui penanaman nilai matematis, soft skill dan kebergunaan
matematika.
5.
Memberi
kesempatan pada peserta didik untuk mengenal matematika kedalam kehidupan
sehari-hari
Tahap penyelesaian masalah pola interaksi
edukatif
1. Memberi penjelasan kepada peserta didik mengenai
belah ketupat
2. Membentuk kelompok (3 – 5)
orang
3.
Mengajukan masalah yang bersumber dari fakta dan lingkungan budaya peserta
didik
4.
Meminta peserta didik memahami masalah secara individual dan kelompok
5.
Mendorong peserta didik bekerjasama menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan
6.
Membantu peserta didik merumuskan hipotesis
(dugaan).
7.
Membimbing, mendorong/mengarahkan peserta didik menyelesaikan masalah yang dihadapi
8.
Memberikan scaffolding pada kelompok atau individu yang mengalami kesulitan
9.
Mengkondisikan antar anggota kelompok berdiskusi, berdebat dengan pola kooperatif
10.
Mendorong peserta didik mengekspresikan ide-ide secara terbuka
11. Membantu dan memberi kemudahan pengerjaan peserta
didik dalam menyelesaikan masalah dalam pemberian solusi
Tahap persentasi dan mengembangkan hasil kerja
1. Memberi kesempatan tiap kelompok mempresentasikan hasil penyelesaian
masalah di depan kelas
2. Membimbing peserta didik menyajikan hasil
kerja
3. Memberi kesempatan kelompok lain
mengkritisi/menanggapi hasil kerja kelompok penyaji dan memberi masukan
sebagai alternatif pemikiran.
4. Mengontrol jalannya diskusi agar pembelajaran
berjalan dengan efektif
6. Menguji pemahaman peserta didik tentang jenis
dan sifat belah ketupat
Tahap temuan objek matematika dan penguatan
skemata baru
1.
Mengarahkan peserta didik membangun konsep dan prinsip secara ilmiah
2.
Menguji pemahaman peserta didik atas konsep
3.
yang ditemukan melalui pengajuan contoh dan bukan contoh konsep
4.
Membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas
belajar yang berkaitan dengan masalah
5.
Memberi kesempatan melakukan konektivitas konsep dan prinsip dalam
mengerjakan soal tantangan
6. Memberikan scaffolding
Tahap menganalisis dan mengevaluasi proses dan
hasil penyelesaian masalah
1.
Membantu peserta didik mengkaji ulang hasil penyelesaian masalah
2.
Memotivasi peserta
didik untuk terlibat dalam penyelesaian
masalah yang selektif
3. Mengevaluasi materi akademik: memberi kuis atau membuat peta konsep atau
peta materi.
|
10 menit
25
menit
25
menit
5
menit
5
menit
|
Kegiatan penutup
|
1.
Pendidik bersama-sama
dengan peserta didik atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
2.
Melakukan penilaian
dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
3.
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.
Memberikan tugas, baik tugas individual maupun
5. kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
|
5
menit
|
Pertemuan 2
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan pendahuluan
|
1.
Memberi salam
2. Pendidik
mengecek kehadiran peserta didik
3. Pendidik
memberi motivasi, pendidik menyampaikan topik yang akan dipelajari dan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
4.
Dengan tanya jawab, peserta didik diingatkan kembali tentang
pengertian bilangan bulat
|
5 menit
|
Kegiatan inti
|
Tahap apersepsi budaya
1.
Menginformasikan
indikator pencapaian kompetensi
dasar
2.
Menciptakan persepsi
positif dalam diri peserta didik terhadap
budayanya dan matematika sebagai hasil konstruksi sosial.
3.
Menjelaskan pola interaksi sosial, menjelaskan peranan peserta didik dalam menyelesaikan masalah.
4.
Memberikan motivasi
belajar pada peserta didik melalui penanaman nilai matematis, soft skill dan kebergunaan
matematika.
5.
Memberi
kesempatan pada peserta didik untuk mengenal matematika kedalam kehidupan
sehari-hari
Tahap penyelesaian masalah pola interaksi
edukatif
1. Memberi penjelasan kepada peserta didik mengenai
belah ketupat
2. Membentuk
kelompok (3 -5) orang
3. Mengajukan
masalah yang bersumber dari fakta dan
lingkungan budaya peserta didik
4. Meminta peserta
didik memahami masalah secara individual
dan kelompok
5. Mendorong peserta
didik bekerjasama menyelesaikan tugas-tugas yang telah
diberikan
6. Membantu peserta
didik merumuskan hipotesis (dugaan).
7. Membimbing,
mendorong/mengarahkan peserta didik menyelesaikan masalah dan mengerjakan LKPD
8. Memberikan
scaffolding pada kelompok atau individu
yang mengalami kesulitan
9. Mengkondisikan
antar anggota kelompok berdiskusi, berdebat dengan pola kooperatif
10. Mendorong peserta
didik mengekspresikan ide-ide secara terbuka
11. Membantu
dan memberi kemudahan pengerjaan peserta didik dalam menyelesaikan masalah
dalam pemberian solusi
Tahap persentasi dan mengembangkan hasil kerja
1.
Memberi
kesempatan tiap kelompok mempresentasikan
hasil penyelesaian masalah di depan kelas
2.
Membimbing peserta didik menyajikan hasil kerja
3.
Memberi kesempatan kelompok lain mengkritisi/menanggapi hasil kerja
kelompok penyaji dan memberi masukan sebagai alternatif pemikiran.
4.
Mengontrol jalannya diskusi agar pembelajaran berjalan dengan efektif
5. Menguji pemahaman peserta didik tentang jenis
dan sifat layang-layang
Tahap temuan objek matematika dan penguatan
skemata baru
1.
Mengarahkan peserta didik membangun konsep dan prinsip secara ilmiah
2.
Menguji pemahaman peserta didik atas konsep yang ditemukan melalui
pengajuan contoh dan bukan contoh konsep
3.
Membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas-tugas belajar yang
berkaitan dengan masalah
4.
Memberi kesempatan melakukan konektivitas konsep dan prinsip dalam mengerjakan soal tantangan
5. Membandingkan bangun datar belah ketupat dan
layang-layang
Tahap menganalisis dan mengevaluasi proses dan
hasil penyelesaian masalah
1.
Membantu peserta didik mengkaji ulang hasil penyelesaian masalah
2.
Memotivasi peserta
didik untuk terlibat dalam penyelesaian
masalah yang selektif
3. Mengevaluasi materi akademik: memberi kuis atau membuat peta
konsep atau peta materi.
|
15 menit
35
menit
35
menit
15
menit
10
menit
|
Kegiatan penutup
|
1.
Pendidik bersama-sama
dengan peserta didik atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
2.
Melakukan penilaian
dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
3.
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4. Memberikan tugas, baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
|
5 menit
|
F. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian
·
Sikap : Lembar Observasi
·
Pengetahuan : Tes Tertulis
·
Keterampilan : Project
G. PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
·
Pembelajaran
remedial dilakukan jika peserta didik tidak memenuhui KKM yang telah ditentuka
dengan memberi tes lisan.
·
Pengayaan diberika
bagi siswa yang sudah memenuhi atau bahkan melampaui KKM yang telah ditentukan
dengan memberi extended materials
H. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
·
Media/ Alat : Bentuk belah ketupat
Bentuk layang-layang
Slide
·
Bahan : Kertas, Gunting, Slide
·
Sumber
belajar : Buku
Bandung,
21 februari 2017
Mengetaui,
Kepala MTs Sinarmiskin Guru
Mapel Matematika
( ) ( )
NIP NIP
No comments:
Post a Comment